Widget edited by Technology and Communication

Monday, October 24, 2016

Contoh Alat Input & Output

1. Mouse
Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

2. Keyboard
Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer.

3. Webcam
Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.

4. Bardcode Scanner
Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

5. Joystick
Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

6. Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

7. Microphone
Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

8. Lightpen

Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer.

9. Monitor
Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer.

10. Printer
Printer adalah perangkat keras dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer yang  bisa digunakan untuk keperluan mencetak dalam bentuk kertas.

11. Plotter
Plotter adalah Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.

12. Speaker
Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara

13. Proyektor
Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

14. Headphone

Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.

15. 3D Printer

3D printer adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk3D yang tidak hanya dapat dilihat tapi juga dipegang dan memiliki volume.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment